Tips Pola Makan Untuk Meminimalisasi Terjadinya Diabetes

Setiap orang pasti menginginkan kesehatan pada dirinya. Namun tidak bisa dipungkiri bahwasanya risiko terjadinya suatu penyakit dalam tubuh itu pasti ada. Salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh orang-orang adalah diabetes atau sering dikenal dengan kencing manis atau Diabetes Melitus. Biasanya penanganan yang bisanya dilakukan adalah dengan mengharusnya penderita diabetes ini melakukan pola hidup yang sehat, yakni dengan selalu mengontrol kadar gula dalam dara, sehingga hal ini bisa meminimalisasi terjadinya komplikasi yang tidak diinginkan.

Pola hidup sehat memang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang, bukan hanya berlaku untuk penderita diabetes saja. Anda juga tidak perlu khawatir dan cemas ketika Anda sudah di diagnosa mengidap diabetes atau memiliki risiko penyakit ini. Karena pada dasarnya diabetes ini bisa hidup normal seperti orang biasanya. Pola makan juga merupakan salah satu yang masuk pada pola hidup yang sangat mempengaruhi ketahanan tubuh seseorang.

Pentingnya Pola Makan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Fokus dalam hal mengontrol pola makan yang sehat itu adalah supaya gula darah dalam tubuh juga bisa terkontrol dengan baik. Karena pada dasarnya, semua bisa bersumber pada makanan yang sering dikonsumsi. Penderita diabetes ini sebenarnya diwajibkan untuk menjaga dan juga mengontrol massa badan mereka. Perlu Anda ketahui bahwasanya orang yang kelebihan berat badan memiliki risiko diabetes yang cukup tinggi. Jika mampu menurunkan berat badan sekitar 5% atau bahkan bisa 10%, maka kemungkinan besar kadar gula dalam darah akan turun dengan signifikan. Untuk itu, melakukan diet adalah hal yang sangat penting. Jangan lupa untuk selalu mengonsultasikannya kepada dokter Anda, sehingga Anda bisa membuat planning yang seharusnya. Namun pada dasarnya tidak ada pantangan makanan yang khusus yang tidak diperbolehkan bagi mereka yang menderita diabetes. Hal ini dikarenakan pola makan yang sehat ini memang harus dilakukan oleh setiap orang.

Tips Makanan Sehat Untuk Mencegah Diabetes

Sebenarnya banyak orang yang bertanya-tanya mengenai bagaimana tips makanan sehat yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya diabetes. Untuk ini, maka Anda harus melakukan diet, yakni pengaturan pola makan sebagai berikut.

  • Mengonsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat ini sangatlah dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dikatakan makanan berserat tinggi itu adalah karbohidrat yang kompleks dimana ini bisa memberikan pengaruh yang cukup besar dalam banyak sedikitnya kadar gula dalam darah. Meskipun karbohidrat ini sangatlah penting, tetapi usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya, dalam artian Anda harus lebih teliti dan cermat dalam mengonsumsinya. Untuk itu, lebih baik Anda makan makanan yang berserat dan memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang bisa memberikan energi pada tubuh karena bisa menimbulkan rasa kenyang. Usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan atau minuman soda, nasi putih, alkohol, pasta, makanan dan minuman dengan pemanis, dan yang lainnya.

  • Cermat Dengan Makanan dan Minuman Manis

Konsumsi gula memang dianjurkan untuk dikurangi bagi penderita diabetes. Namun hal ini bukan berarti pantangan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula. Bahkan Anda yang tidak menderita diabetes pun juga perlu meminimalisasi penggunaan gula sehingga bisa terhindar dari risiko diabetes melitus. Cermat dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang manis ini bida dilakukan ketika waktu makan. Dalam hal ini berarti Anda bisa mengonsumsi makanan manis hanya ketika waktu makan dengan porsi yang sewajarnya. Dan usahakan di luar jam itu untuk menghindari makanan atau minuman yang manis, tetapi tidak perlu melakukannya secara totalitas. Lakukanlah secara wajar.

  • Mengonsumsi Lemak Dengan Baik

Dalam melakukan diet, lemak bisa menyebabkan dua sisi yang berbeda, yakni sisi baik dan buruk. Karena nyatanya ada lemak baik dan ada lemak jahat atau tidak baik. Bagi orang yang menderita diabetes, diutamakan bijak dalam memilih makanan berlemak, karena jika tidak melakukannya dengan baik bisa mengacu pada penyakit jantung dan bisa berujung pada komplikasi. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana lemak baik dan lemak jahat itu. Lemak baik yakni lemak yang tak jenuh, dimana banyak sekali ditemukan pada ikan dan tumbuhan. Biasanya lemak ini bisa didapatkan dari kedelai, kacang-kacangan, omega 3 dan lain sebagainya. Sedangkan lemak jahat atau tak baik berlawanan dengan lemak baik, dimana lemak ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet. Kebanyakan ditemukan pada sumber makanan seperti daging, keju, telur, mentega, dan makanan ringan.